Kerajinan Tangan Terbaru

Kamis, 03 Desember 2015

Lagu Sakitnya Tuh Disini - Cita Citata Tidak Baik Untuk Perkembangan Anak



Lagunya Cita Citata yang berjudul sakitnya tuh disini belum ada pada masa saya kecil dulu. Waktu saya kecil.. saya hanya diajari nyanyi oleh guru saya lagu " Balon ku", "topi saya bundar",... dan kawan-kawannya. Tanpa perlu menyebutkanpun judul lagunya pasti teman-teman seangkatan saya pasti tahu lagu apa saja. Jangankan yang satu angkatan, yang senior dari saya pun mungkin akan tahu lagu-lagu apa saja. Lah wong yang diajarkan dari dulu sampai sekarang..ya lagunya itu-itu saja. Sampai sekarang anak sayapun kebagian lagu-lagu tersebut.

Yang lebih parah lagi sekarang anak-anak disuguhkan dengan lagu-lagu yang tidak sesuai dengan usia mereka.. ya seperti lagu "sakitnya tuh disini", tiap hari anak selalu bilang sakit, padahal saya lihat anak baik-baik saja... Dengan riang gembira anak bilang "sakitnya tuh disini" sambil nunjuk2 bagian dadanya. jadi tambah bingung saja saya, kenapa nih anak?? oohh.. ternyata dia sedang nyanyi toh. weleh..weleh... ya itulah anak, dengan mudahnya mereka merekam apa yang mereka dengar.. apa jadinya anak kita kalo tiap hari mendengar hal2 yang kurang sesuai dengan perkembanganya.. bisa berabeh dong.. encang, encing, nyak, babeh!

Ya sebagai orang tua mesti cerdas menghadapi perubahan jaman yang luar biasa ini.. orang tua harus bisa mengarahkan anak dengan cara yang benar dan bijak. Ya misalnya untuk membendung atau paling tidak mengimbangi lagu2 yang tidak sesuai dengan usia anak.. ya suguhkan anak dengan lagu-lagu yang sesuai dengan usia mereka dan mengandung nilai-nilai edukatif. Kalau anak sudah terlanjur merekam lagu seperti lagu sakitnya tuh disini, ya kita gubah liriknya dengan lirik lagu yang lebih edukatif dan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Bagaimana? ada cara lain.. silahkan share melalui kolom komentar dibawah ini.




Baca juga: